Jumat, 28 Mei 2010

Alarm Antibajak Dari Korea


Pemakaian alarm, sepertinya sudah bukan hal baru lagi saat ini. Kebanyakan mobil baru, sudah dilengkapi peranti ini sebagai perlangkapan standarnya. Tak heran, kalau kini para pedagang alarm coba menawarkan aneka fitur-fitur pelengkap yang diyakini lebih yahud.

Seperti alarm baru berlabel Master produksi Korea Selatan yang punya fitur antistarter dan antihijack. Cara kerja alarm ini tak sulit. Cukup menginstalasi transporder di mobil. Lantas ada alat berbentuk pipih yang disebut transpordertag yang dibawa pemilik. Uniknya, transpordertag itu tak terdapat satu pun tombol. Kedua alat itu terhubung melalui gelombang frekuensi radio.

"Alarm ini bisa dipasang di mobil maupun motor kok," ucap Merisca, managing director PT Sumber Mas Autorindo selaku distributor. Dia menjelaskan, fitur antihijack ini bekerja jika terjadi aksi perampasan mobil atau penodongan. Pemilik tak perlu khawatir selama transpordertag masih dipegang. Begitu mobil dilarikan maling, maka dalam jarak maksimal 10 meter mesin mobil akan otomatis mati. "Kalau ditodong, kasih saja kuncinya. Nanti alarm Immobilizer yang akan mematikan mesin. Cuma jangan satukan transpordertag di kunci," terang Merisca. Tetapi, kalau transpordernya hilang, meski mobil bisa dibuka, mobil tak bisa jalan.

Kalau tertarik, Immobilizer bisa ditebus dengan harga Rp 900 ribu. Nilai itu sudah termasuk jasa instalasi. Sebenarnya di pasaran sudah banyak alarm sejenis. Semisal Viper dan Clifford asal Amrik yang harganya di atas Rp 1 juta. Selain itu, Merisca juga menjamin garansi untuk alarm ini selama setahun.

Tidak ada komentar: