Sabtu, 22 Oktober 2011

Tahukah Anda bahwa kepribadian Anda Unik ?

Secara garis besar tipe kepribadian manusia dikelompokkan dalam 4 tipe dasar, yaitu;

Sanguinis yang populer (pribadi yang mempesona tapi banyak bicara)
kekuatan:
spontan, lincah, periang, ekstrovert, optimis, kreatif dan inovatif, mudah berteman, suka dipuji, suka humor.
kelemahan:
terlalu banyak bicara, mementingkan diri sendiri, daya ingat terbatas, tidak tertib dan tidak dewasa.

Melankolis yang sempurna (sangat perasa dan mudah tertekan)
kekuatan:
setia, tekun, introvert, pemikir, analitis, serius, artistik dan musikal, filosofis dan puitis, rapi, perfeksionis, tertib terorganisir, ekonomis, suka diagram, bagan dan grafik, hati-hati, mendengar keluhan, menghindari perhatian.
kelemahan:
perasa, mudah sakit hati, mudah tertekan, citra diri rendah, menjadi musuh diri sendiri, merasa tidak aman, menunda-nunda, menghabiskan banyak waktu untuk perencanaan, mengajukan tuntutan yang tidak realistis.

Koleris yang kuat (seorang yang dinamis tapi sok berkuasa dan tak sabaran)
kekuatan:
suka bekerja keras, suka petualangan, persuasif, percaya diri, berbakat sebagai pemimpin, dinamis, aktif, berkemauan kuat dan tegas, bebas dan mandiri, bergerak cepat, mendelegasikan tugas.
Kelemahan:
Tidak bisa rileks, selalu pada posisi yang memegang kendali, yakin kalau dia yang paling benar, tidak ada toleransi, suka memanipulasi, tidak tahu bagaimana cara menangani orang lain, sulit minta maaf, sulit mengakui kesalahan.

Phlegmatis yang damai (mudah bergaul tapi tidak bersemangat)
kekuatan:
tenang, ramah, pengamat, sabar, rendah hati, konsisten, simpatik dan baik hati, menyembunyikan emosi, tidak tergesa-gesa, tidak mudah marah, menghindari konflik.
kelemahan:
sulit berkomunikasi, kurang bersemangat, malas, tidak menyukai hal-hal baru, kurang motivasi, tidak berpendirian, sulit berkata tidak, sulit mengambil keputusan.

Tidak ada komentar: